GRATIS ONGKIR UP TO 15K | SETIAP PEMBELIAN SIDE BAG | GUNAKAN KODE VOUCHER "ONGKIR11" SAAT CHECKOUT

1001 Alasan Laundry-an Kamu Sepi

Hai sobat OTW Bag’s! Apa kabar? Semoga kamu baik-baik saja ya, oke. Di artikel kali ini, OTW Bag’s mau bahas “1001 Alasan Kenapa Laundry-an Kamu Sepi”. Buat kamu yang punya usaha laundry, atau berniat untuk membuka usaha laundry, artikel ini bisa sangat bermanfaat buat kamu loh. 

Tapi tenang, OTW Bag’s gak beneran bahas 1001 alasan kok. Selain karena kebanyakan, itu kan cuma judul aja biar kamu baca hehehe. Memangnya siapa sih yang mau baca 1001 alasan sekaligus. 

Yuk! Dari pada berlama-lama langsung aja ke alasan yang pertama!

1. Imbas Pandemi Corona

Sobat OTW Bag’s, udah lumayan lama nih sejak pandemi Corona melanda dunia dan Indonesia. Kira-kira kapan berakhirnya ya? Soalnya Corona ini berimbas banget buat bisnis-bisnis di Indonesia, termasuk laundry. Walaupun sebenarnya laundry bisa tetap buka di tengah PSBB, tapi masih banyak pengusaha laundry yang mengeluh kalau bisnis mereka sepi. Semoga bisa tetap berakhir ya sobat, supaya usaha laundry semakin lancar terus. Amin…

2. Pelanggan Pada Pulang Kampung

Karena pekerjaan di kantor dapat dikerjakan di rumah atau bahasa kerennya work from home, banyak pelanggan laundry yang memilih pulang ke kampung halamannya. Kalau kata bapak Barack Obama dulu bilang, “Pulang Kampung Nih”. Antara di kota memang sudah gak ada yang bisa dikerjakan (Bisa PHK, dunia usaha menyepi) atau karena memang rindu sama kampung halaman.

3. Liburnya Sekolah dan Universitas

Coba deh cek cucian kamu, apakah sekarang ada seragam-seragam sekolah yang menumpuk? Mungkin dulu ada banyak tapi sejak diliburkannya sekolah dan universitas kini seragam-seragam itu sudah gak ada lagi. Memangnya seragam sekolahan penting banget ya? Kan masih banyak baju-baju lainnya. Ada yang bertanya seperti itu? Memang benar sih, kan gak semua baju itu seragam semua. Tapi rata-rata sekarang banyak orang memilih ngelaundry seragam karena seragam itu kalau dicuci sendiri kadang gak bersih. Coba deh cek screenshot ini, ada banyak banget pengusaha Laundry yang ngeluh kalau sekarang laundry mereka kian sepi sejak sekolah diliburkan.

keluhan di grup ikatan laundry indonesia

Artinya aktifitas sekolah dan universitas berperan besar di dalam laundry kamu. Dan di saat sekolah diliburkan, hal ini berefek ke sepinya laundry-mu.

4. Lagi Kepengen Nyuci Sendiri

Karena banyaknya waktu luang di rumah, ibu-ibu akhirnya bisa balik lagi jadi Ibu Rumah Tangga. Bekerja di depan laptop, ngurusin suami dan anak, dan di waktu senggangnya nyuci baju. Apalagi karena sering di rumah, kebutuhan mencuci jadi sedikit, dan akhirnya memilih untuk mencuci pakaian sendiri. Mungkin inilah yang terjadi sekarang. Mencuci pakaian sendiri jadi pilihan ibu-ibu atau bapak-bapak di rumah. Selain mungkin dipikir ngirit, jadi gak perlu keluar. Padahal kan lebih ngirit ngelaundry ya 🙂

5. Harga Kurang Kompetitif

Mau tanya nih… sebenarnya harga suatu barang/jasa kalau mahal itu efeknya negatif gak sih? Kalau menurut riset OTW Bag’s harga itu pengaruhnya sangat kecil buat usaha laundry kamu. Kenapa? Sekarang gini deh, misalnya laundry saingan kamu harganya murah-meriah tapi cuciannya kurang bersih, parfumnya gak wangi, ngelipetnya gak rapi, acak-acakkan deh. Tapi usaha laundry kamu yang harganya 1,5x lipat lebih mahal cuciannya lebih bersih, parfumnya terbaik, pelayanannya ramah dan cepat, rapi dan pokoknya menyenangkan deh. Pembeli bakal milih yang mana? Udah tahu kan?

Yang paling penting adalah user experience

6. Takut Keluar Rumah

Punya pelanggan setia yang setiap minggu Ngelaundry tapi kok mendadak hilang tanpa kabar? Coba kamu hubungin deh, siapa tahu dia takut buat keluar rumah dan buat ngelaundry karena Corona. Kalau udah kayak gini, laundry Anda harus bisa nyiapin layanan Antar-Jemput atau delivery Laundry

7. Tidak Ada Layanan Delivery

Apakah kamu sadar pentingnya layanan delivery untuk usaha Laundry kamu? Apalagi di era pandemi ini, pelanggan akan susah untuk keluar rumah. Nah, layanan antar-jemput laundry adalah salah satu solusi buat laundry kamu agar tetap eksis di situasi sekarang ini. Buat pelangganmu merasa nyaman dan happy dengan pelayanan laundry kamu. Dijamin deh, kalau kamu melayani mereka dengan layanan delivery laundry ini, mereka bakalan jadi pelanggan seumur hidup!

Tas Antar-Jemput Laundry OTW Bag's

8. Tidak Dikenal Banyak Orang

Coba deh bayangin kalau usaha laundry kamu dikenal sama banyak orang. Terkenal se kelurahan, kecamatan atau bahkan seluruh Indonesia. Pasti jadi lebih gampang buat cari pelanggan baru yang sudah lebih dulu kenal sama nama laundry-mu. Itu sebabnya banyak usaha laundry di Indonesia yang sukses karena mereka bisa memperkenalkan usaha laundry-nya ke masyarakat.

Usaha laundry-mu jangan cuma terkenal di komplek-mu doang, jadiin terkenal di se kelurahan, habis itu buat terkenal se kecamatan, ke kabupaten provinsi dan semoga terkenal ke seluruh Indonesia.

9. Belum Branding

Apa yang membuat laundry-laundry seperti Simply Fresh, Melia, Superwash, dan Dressed Laundry sangat terkenal dan kayaknya kok mudah banget dapetin pelanggan? Jawabannya adalah Branding. Ya, memangnya siapa sih yang gak tahu laundry-laundry itu? Kayaknya kalau kita nyebutin kata “laundry” yang biasanya keluar di pikiran kita mesti laundry-laundry itu

simpy fresh laundry

Lalu gimana sih cara Simply Fresh, Melia, Superwash dan laundry besar lainnya menanamkan kata laundry di benak pelanggan mereka? Gampangnya mereka mempromosikan nama brand di setiap sudut keseharian pelanggan mereka. Misalnya kamu lihat ada karyawannya Melia yang lagi nganter Laundry pakai Tas Antar-Jemput Laundry, terus di sudut kota ada baliho Superwash, dan pas rebahan di rumah sambil scrolling Facebook dan Instagram eh kamu lihat iklannya Simply Fresh nongol di beranda kamu

10. Malas Promosi

Kunci yang paling penting adalah satu. Rajin Promosi. Gak perlu promosi yang berbayar dan mahal deh, coba pakai Facebook atau Instagram yang modal kuota aja udah cukup kok. Rajin posting tentang hal-hal yang menarik perhatian. Bisa kejadian di laundry kamu, atau ceritain kenapa sih laundry kamu itu yang terbaik, dan kenapa calon pelanggan kamu wajib laundry di tempat kamu.

Atau… kamu juga bisa nempel brand laundry kamu di Tas Antar-Jemput Laundry di atas. Selain keren, pas di jalan jadi bisa pusat perhatian dan narik customer baru. Jadi coba deh buat desain promosi/logo sekeren dan semenarik mungkin. Bukan cuma itu,logo/brand kamu juga harus informatif.

Terus Harus Gimana Dong?

Terus gimana dong? Tenang, berbisnis itu memang gampang-gampang susah. Ada saatnya usaha laundry kamu di atas dan ada saatnya usaha laundry kamu di bawah. Mulai dari hal-hal yang kecil dan mudah dulu, seperti memberikan pelayanan terbaik buat pelanggan kamu. Dengan melakukan hal seperti itu, kamu sudah memiliki image yang baik di hadapan pelanggan kamu. Ramah, baik, cepat, hasil cucian memuaskan. Pasti pelanggan kamu bakalan suka dan mungkin aja bisa menyarankan laundry kamu ke teman-temannya. Job Done! Kamu berhasil menarik pelanggan baru.

Dan terakhir, jangan takut sama persaingan. Entah persaingan harga, persaingan promo, atau persaingan mana parfum yang paling wangi. Jangan! Karena kalau seperti itu nanti usaha laundry kamu malah masuk ke persaingan yang berdarah-darah. Ugh sakit banget.

Bila kamu suka artikel ini, yuk bantu OTW Bag’s membantu usaha laundry lainnya dalam membangun bisnis mereka. Share dan sebarin artikel ini ke teman-teman kalian ya, sampai jumpa!

Mau Delivery Laundrymu Makin Terkenal?

Pasang Nama Laundry-mu di Tas Motor Branding OTW Bag’s