Tips Belanja di Pasar Saat Pandemi dengan Aman

Tips Belanja Saat Pandemi di Pasar dengan Aman – Pandemi Covid-19 membuat banyak aktivitas terhambat salah satunya berbelanja. Apalagi saat akan belanja kebutuhan sehari-hari di pasar. Pasar yang merupakan tempat berkumpulnya banyak orang jadi lebih berbahaya.

Karena fungsinya untuk menjalankan roda perekonomian serta pemenuhan kebutuhan masyarakat, pemerintah telah membuka kembali pasar dengan syarat menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi penjual maupun pembeli sehingga aktivitas jual beli mereka aman dari virus Covid-19.

Sangat wajar rasanya jika kita merasa agak was-was untuk berbelanja di pasar. WHO ( World Health Organization ) menyatakan bahwa sebenarnya menurut bukti-bukti yang ada virus mematikan Covid-19 dapat menyebar dari orang ke orang yang lainnya, bukan dari pangan ataupun kemasan pangan tersebut.

WHO juga menyarankan agar kita menerapkan keamanan pangan saat akan menyiapkan makanan. Oleh karena itu, berikut ada beberapa tips belanja saat pandemi yang disarankan oleh WHO melalui laman resmi mereka:

1. Jaga Jarak Setidaknya 1 Meter Dan Hindari Menyentuh Mulut, Mata, Serta Hidung.

Penerapan jaga jarak cukup sulit dilakukan di pasar. Selain lahan yang terbatas dengan jumlah pedagang yang mencapai ratusan, juga karena kontak langsung ketika transaksi jual beli belum bisa digantikan. Pakai masker dan cuci tangan sudah bisa diandalkan dalam penerapan protokol kesehatan di lingkungan pasar, hanya saja memang cukup sulit untuk menjaga jarak. Mungkin juga karena lokasinya yang tidak memungkinkan.

Para pedagang di pasar harus menerapkan physical distancing atau menjaga jarak. Di pasar juga ada petugas informasi yang akan membantu pembeli untuk menghindari kontak fisik dengan pembeli lainnya. Selain itu pengelola pasar juga harus mengoptimalkan ruang jual di tempat terbuka untuk memperluas pasar.

Pasar juga harus membatasi jumlah pengunjung menjadi 30% dari kapasitas normal. Dan yang terakhir memberikan waktu 2,5 jam waktu kunjungan secara berkala. Sementara itu, pasar yang memenuhi kebutuhan pangan merupakan sektor yang dikecualikan atas penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Hanya saja wajib menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) sebagai upaya bentuk pencegahan penyebaran virus Corona.

2. Cuci Tangan Atau Bersihkan Tangan Dengan Cairan Antiseptic Secara Rutin, Terutama Setelah Menyentuh Pangan Mentah Yang Berasal Dari Hewan, Uang, Dan Benda Lainnya

Sudah sejak awal WHO merekomendasikan upaya pencegahan terhadap virus Corona,  salah satunya dengan cara mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Tips belanja saat pandemi ini harus dilakukan secara rutin dan berkala. Tentu tidak di semua tempat tersedia air bersih, sabun, dan wastafel. Oleh karena itu, hand sanitizer juga bisa jadi alternatif.

Bawa selalu hand sanitizer dan gunakan setelah menyentuh permukaan benda seperti pegangan di bus atau kereta, gagang pintu, atau benda lain yang rentan disentuh oleh banyak orang. Gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% atau lebih.

Produk pembersih tangan bebas alkohol saat ini juga dijual di berbagai tempat, tetapi mereka tidak direkomendasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention. CDC merekomendasikan sabun dan air yang mengalir karena prosesnya lebih baik dalam membunuh virus COVID-19.

Rajin mencuci tangan adalah cara paling efektif untuk mencegah penyebaran virus corona. Pasalnya bakteri dan virus sangat mudah menular lewat tangan. Menurut para ahli, mencuci tangan minimal 20 detik adalah cara paling tepat untuk menghilangkan bakteri dan virus.

3. Jangan Menyentuh Hewan Yang Masih Hidup

Hingga saat ini WHO masih meyakini bahwa hewan peliharaan tak bisa menularkan virus corona. Virus corona yang menular dari hewan ke manusia ialah jenis alfa dan beta. Kucing dan anjing adalah kelompok hewan yang bisa terinfeksi virus corona jenis alfa. Hal ini jelas berbeda dengan virus yang berawal dari Wuhan, China yang merupakan jenis beta.

Untuk menghindari virus corona yang berasal dari hewan, kita sebisa mungkin menghindari kontak langsung dengan hewan yang masih hidup. Saat berbelanja di pasar, pastikan kamu menghindari menyentuh hal-hal yang tidak perlu. Ingat kuman dan virus sangat mudah menempel pada telapak tangan kita. Adapun saat sudah selesai berbelanja kembali cuci tangan atau gunakan hand sanitizer.

4. Jangan Membeli Hewan Liar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sebisa mungkin kita harus menghindari hewan yang masih hidup. Hewan peliharaan saja yang dirawat dengan baik dan terjamin kesehatannya masih rawan terkena virus corona, apalagi hewan liar. Jadi kalo bisa tunda dulu membeli hewan-hewan liar. Karena dalam situasi pandemi seperti sekarang tidak ada jaminan kalo hewan liar tersebut aman.

Sementara itu, ketika tiba di rumah setelah berbelanja, WHO menganjurkan untuk melakukan beberapa prosedur berikut:

Cuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan pakai sabun, keluarkan bahan pangan dan simpan dengan tepat (jangan lupa check tanggal kedaluwarsanya), bersihkan permukaan dapur, cuci tangan kembali dengan air bersih yang mengalir dan sabun setelah selesai menyimpan belanjaaan.

Itulah ulasan beberapa tips belanja saat pandemi yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain cara di atas, kamu juga bisa melindungi barang-barang kamu dengan Tas Motor Anti Air OTW Bag’s. Dengan Tas Motor Anti Air OTW Bag’s kamu bisa melindungi barang-barang kamu waktu berbelanja di pasar. Karena dengan Tas Motor Anti Air OTW Bag’s bawa barang jadi semakin mudah dan aman.

Meskipun pandemi belum kunjung mereda, kita tidak boleh patah semangat. Selalu terapkan protokol kesehatan 3M yang di canangkan pemerintah. Mari sama-sama berantas virus corona!

Belanja di Pasar Jadi Semakin Mudah

Bawa barang belanjaan di atas motor memang merepotkan. Tidak hanya itu, barang kamu juga rentan dari polusi, debu dan air hujan. Yuk! Lindungi barang kamu dengan Tas Motor Anti Air OTW Bag’s.